DSLR Untuk Pemula, Nikon Atau Canon?

>> November 25, 2009

Nikon D3000Dilatarbelakangi oleh permintaan semena-mena dari ibu-guru-semut-merah-yang-masih-kecil *hihihi*, sebagai pemula di bidang hobi pemotretan atau fotografi dan merujuk pada berbagai pembahasan para senior fotografer di beberapa forum maupun artikel, saya mencoba untuk sedikit menulis tentang pemilihan merk kamera DSLR disaat seseorang memutuskan untuk menekuni hobi ini, terutama merk ‘Nikon dan Canon’. Perlu saya tekankan disini bahwa penulisan artikel ini tidak ada maksud sama sekali untuk memanas-manasi baik para rekan Nikonian maupun Canonian dan memicu adanya ‘brandwar’. Seperti yang telah diketahui bahwa topik tentang ‘Nikon atau Canon’ ini sendiri sebenarnya merupakan pembahasan sensitif yang tak pernah selesai sejak dulu, dan tentu saja tidak akan pernah selesai hingga nanti. Sama halnya ketika ditanya ‘BMW atau Mercedes-Benz’, padahal dari keduanya mengeluarkan berbagai tipe dan jenis mulai dari segi harga, kehandalan, eksklusifitas, bahkan estetika, dengan segala kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitupun juga sama halnya saat ditanya ‘kenapa lebih suka sate daripada soto’?

Nikon D60Kamera Digital Single-Lens Reflex (Digital SLR atau DSLR) seperti halnya Kamera SLR merupakan kamera digital yang menggunakan sistem cermin mekanis dan 'pentaprism' (lima sisi cermin prisma yg memantulkan cahaya sebanyak dua kali guna menyimpangkan sebesar 90° tanpa mengubah citra kiri kanannya) untuk menghantarkan cahaya yang diterima oleh lensa ke jendela bidik optik di bagian belakang. Ketika ada seseorang yang berminat pada hobi ini dan bertanya ‘Nikon atau Canon’, sebenarnya susah sekali untuk dijawab, karena pertanyaan tersebut muncul dari sudut pandang makro. Padahal Kamera DSLR baik Nikon maupun Canon di tiap jenis atau tipenya pasti mempunyai bebagai kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Memang, tidak sedikit juga orang yang dengan fanatiknya menyarankan untuk memakai salah satu merk tersebut di atas. Nikon D5000Tapi buat saya pribadi hal itu sudah merupakan ‘pemerkosaan keyakinan’ secara tidak langsung yang pada akhirnya nanti akan 'membrangus kemampuan' seseorang. Setiap orang punya style sendiri-sendiri yang nantinya bakal ditemui melalui alat yang dibawanya dan yang paling mengetahui akan hal tersebut adalah orang itu sendiri. Bagaimana mungkin seseorang yang fanatik itu tahu akan style dari si pemula nantinya, yang bahkan dalam memegang kamera DSLR saja belum pernah. Apakah itu kemampuan paranormal atau hanyalah sebuah omong kosong belaka? Belum lagi jika si pemula mendengar usul seseorang yang berkata, ‘Nikon bagus ininya’ atau ‘Canon bagus itunya’, saya jamin pasti akan tambah bingung dalam memutuskan akan mengunakan merk yang mana.

Canon EOS 450D (EOS Digital Rebel XSi, EOS Kiss X2)Banyak sekali pendapat yang saya temui pada berbagai pembahasan perihal ‘Nikon atau Canon’. Seperti misalnya Nikon mempunyai hasil gambar dengan warna yang tegas atau ‘ngejreng’ sehingga cocok untuk foto produk atau landscape, sedangkan Canon mempunyai hasil gambar lebih soft yang cocok untuk foto model atau ‘portraiting human’. Tapi ada juga seorang disain grafis yang mengatakan bahwa warna Canon lebih enak untuk diedit. Hasil gambar Nikon lebih baik untuk lensa macro atau wide, sedangkan Canon pada lensa tele-nya. Ada juga yang mengatakan, untuk Nikon ‘handling’ enak, kokoh, saturasi cukup tinggi, kekar, VR (untuk beberapa lensa tertentu), dan 'rugged material', sedangkan Canon warna cenderung vivid, lebih modis, 'versatile lens', dan beberapa tipenya mengandung 'plastic material'.

Canon EOS 1000D (EOS Digital Rebel XS)Menurut saya pribadi, warna tajam atau soft maupun hasil bagus atau kurang adalah relatif. Tiap orang memiliki kesenangan sendiri-sendiri. Mungkin buat saya sudah tajam tapi bagi orang lain masih soft atau buat saya hasilnya kurang tapi bagi orang lain yang melihat sudah ‘amazing’. Bagi pemula seperti saya pun tentunya belum memiliki intuisi untuk tahu sebuah warna itu dikatakan sudah tajam maupun soft. Hal ini perlu diasah dari pengalaman dan jam terbang. Belum lagi warna tajam buat orang per orang juga berbeda, ada yang berdasarkan vivid-nya, kontras, detail texture dan tentu saja juga ditentukan oleh teknik fotografinya itu sendiri. Dari sebuah buku Petersen's Photographic Library GUIDE TO CAMERA EQUIPMENT karangan Mike Stenvold, dikatakan bahwa : Canon EOS 500D (EOS Rebel T1i, EOS Kiss Digital X3)What is the best? There is no 'Best' equipment. Ask ten professional Photographers what camera they used. and you are likely to get ten different answers. Ask them what lenses they used, and again you will probably get several answers. Each uses what he has found the best suits his specific needs. So, once you know what basic features you want, go to your local camera store and try out various examples of equipment. See which brand name feel best, perform as you want it to and easy to use, then it is the best piece equipment for you. Never make a major purchase whithout trying the piece of equipment you intend to buy'. Permasalahannya, untuk saya yang masih pemula pastilah belum mengerti dan menemukan ‘our specific needs’ maupun ‘basic features’.

Nikon D90Bahkan ada seorang fotografer senior yang seorang 'nikon freak' karena suka akan karakter warnanya malah milih menggunakan DSLR merk Canon, dengan alasan pada Canon terdapat fitur ‘customize colour' (setting warna yg bisa di-custom dan bisa disimpan pada beberapa 'memory') yang setting warnanya diset pada karakter warna Nikon. Mulai dari sharpness, contrast, saturation, color tone, hingga fitur White Balance Shift (sama dengan sistem adjustments : selective color pada program Photoshop). Jadi menurut beliau, seperti mempunyai 'Nikon' di dalam kamera Canon. Ada juga beberapa kawan yang mempertimbangkan masalah 'pertemanan' dalam penentuan merk ini. Maksudnya merk mana yang lebih banyak digunakan oleh teman-temannya dan kemudian mengikutinya, dengan alasan yang sederhana yaitu agar bisa saling pinjam lensa maupun asesorisnya.

Canon EOS 50DApakah si pemula seperti saya ini, saat membaca sedikit perbedaan maupun kelebihan dan kekurangan antar kedua merk tersebut menjadi semakin jelas untuk menentukan pilihan? Saya kira tidak dan malah tambah bingung seperti yang sudah saya katakan sebelumnya. ‘Trus bagaimana dong?’ Menurut saya hanya satu kuncinya, yaitu yakin dan jangan terpengaruh oleh desas-desus merk tertentu. Karena berhasilnya karya fotografi tidak pernah ditentukan oleh alat, tapi oleh fotografernya. Jika pada akhirnya sudah memiliki kamera, belajar dan terus belajar tentang dasar-dasar fotografi sambil mengasah kemampuan serta jam terbangnya. Nikon D300SPerlu diingat disini, seperti yang dikatakan oleh salah seorang fotografer senior, bahwa fotografer bukanlah ‘tukang potret’ yang terus menerus hanya mencet tombol ‘shutter’ dan ketika gambarnya dicetak lantas senang, karena fotografi butuh sebuah keahlian bukan hanya jadi tukang. Fotografer juga bukanlah seseorang yang ‘petantang-petenteng’ sibuk memamerkan alatnya yang canggih dengan merk keren (menurut dia), sampai bahkan menganggap eksklusif berikut lensanya yang sempurna dan mahal. Fotografer menunjukkan jati dirinya lewat karya, bukan merk kamera atau lensanya. Foto yang bagus, pada saat sekarang banyak bisa kita temui, tapi foto yang kuat dan bermakna masih sangat sedikit.

Nikon D700Jika kita tinjau dari segi ekonomis, pada entry level selain memiliki desain kamera yang “user-friendly” atau mudah digunakan serta badan kamera yang biasanya relatif lebih ringan dan kecil dari kamera DSLR lainnya, juga tersedia pula banyak otomatis “preset scene mode” sehingga pengguna yang tidak mengetahui dasar fotografi bisa dengan mudah mengambil foto sesuai dengan kondisi yang ada. Misalnya bila foto di malam hari tinggal mengunakan night scene. Untuk level ini terdapat Nikon D3000 Kit + lensa AF-S VR 18-55mm f/3.5-5.6G + memory 4Gb sekitar Rp 5.800.000,-, Nikon D60 Kit + lensa AF-S 18-55mm VR + memory 4Gb dengan kisaran harga Rp 6.800.000,-, Nikon D5000 Kit + lensa AF-S 18-55mm VR + memory 4Gb sekitar Rp 8.300.000,-, Canon EOS 7DCanon EOS 1000D + lensa EF-S 18-55mm f/3.5-5.6 IS + memory 4Gb dengan kisaran harga Rp 5.800.000,- , Canon EOS 450D Kit + lensa EF-S 18-55mm f/3.5-5.6 IS + memory 4Gb sekitar Rp 7.400.000, dan Canon EOS 500D Kit + lensa EF-S 18-55mm F3.5-5.6 IS + memory 4Gb dengan kisaran harga Rp 8.100.000,-. Pada middle level dengan ciri kamera yang berukuran lebih besar dan konstruksi badan lebih baik, ‘scenes mode’ seperti yang terdapat dalam kamera pemula biasanya tidak ada lagi. Banyak juga terdapat tombol khusus untuk mempermudah dan mempercepat setting kamera. Untuk level ini terdapat Nikon D90 Kit + lensa AF-S VR 18-105mm f/3.5-5.6G ED + memory 4Gb dengan kisaran harga Rp 12.700.000,- dan Canon EOS 50D Kit + lensa EF-S 18-55mm f/3.5-5.6 IS + memory 4Gb sekitar Rp 12.100.000.

Nikon D3Pada pro level untuk sports dan fotojurnalistik, kamera dirancang agar bisa mengambil gambar dengan kecepatan tinggi, setidaknya dapat mengambil gambar lima sampai sepuluh gambar per detik. Biasanya ukuran dan berat kamera dua kali lipat lebih besar daripada kamera pemula. Kamera tipe ini pada umumnya memiliki kemampuan untuk meredam noise pada ISO tinggi, sehingga foto yang diambil di saat gelap tetap memiliki kualitas yang baik. Maka dari itu kamera ini juga ideal untuk wartawan foto. Kualitas bodi kamera juga sangat baik, tahan banting dan cuaca. Untuk level ini terdapat Nikon D300s body only dengan kisaran harga Rp 17.800.000,-, Nikon D700 Kit + lensa AF-S VR 24-120mm f/3.5-5.6G ED sekitar Rp 28.900.000,-, Canon EOS 5D Mark IINikon D3 body only dengan kisaran harga Rp 37.900.000,-, Canon EOS 7D Kit + lensa EF-S 18-135mm f/3.5-5.6 IS sekitar Rp 18.600.000,- dan Canon EOS 5D Mark II Kit + lensa EF 24-105mm f/4L IS USM dengan kisaran harga Rp 33.500.000,-. Pada pro level untuk studio, kamera yang digunakan oleh profesional menawarkan resolusi foto yang besar dengan kualitas gambar yang terbaik. Sama dengan pro level untuk sports, kamera ini memiliki badan yang cukup besar tapi sangat tangguh. Untuk level ini terdapat Nikon D3X body only dengan kisaran harga Rp 76.400.000,- dan Canon EOS 1Ds mark III body only sekitar Rp 64.800.000,-.

Nikon D3XSalah satu hal penting bagi pemula adalah memahami karakter dari alat yang dimiliki (kamera), baik itu merk Nikon maupun Canon. Tidak harus mahal, yang penting bisa dimiliki dan tentu saja sesuai dengan dana tersedia di kantong. Bahkan dengan alat yang kata orang ketinggalan jaman pun, jika kita bisa memahami karakternya maka hasil yang diperoleh tidak kalah dengan alat yang canggih sekalipun. Walaupun memang setiap alat pasti ada kekurangan maupun kelebihannya, namun disitulah tantangannya. Bagaimana kita bisa mengoptimalkan alat yang kita miliki untuk memperoleh hasil yang baik. Dengan kata lain, bukan alatnya yang harus bagus/mahal untuk mendapatkan hasil yang baik, tetapi dari orang yang memegang alat itu bisa atau tidak menggunakan serta memahami karakternya. Canon EOS-1Ds Mark IIISeperti yang dikatakan pada sebuah buku mengenai fotografi ‘dalam sebuah peperangan, sehebat apapun senjata yang kita miliki kalau orang tersebut tidak bisa menguasainya (memahami karakter dan menembak yang baik), sasaran yang diinginkannya pun tidak akan tepat'. Dalam sebuah buku berjudul 123 KLIK! Petunjuk Memotret Kreatif Untuk Pemula karangan Dini Yozardi dan Itta Wijono, dikatakan bahwa 'Dengan kamera DSLR maupun SLR pemotret harus memperhitungkan ukuran kecepatan rana, bukaan diafragma dan fokus objek, serta pilihan lensa yang akan digunakan sebelum melakukan pemotretan. Oleh sebab itu kamera ini mempunyai prinsip dasar Man Behind The Gun. Pemotretlah yang menentukan kualitas foto. Dengan fasilitas kamera yang bisa diatur, pemotret bebas berkreasi'.


Sedikit tambahan, terima kasih untuk ibu-guru-semut-merah-yang-masih-kecil atas 'Blogger Award' dan 'Award Persabatan' yang telah dipersembahkan untuk saya disini. Teriring ucap maaf atas 'penyepian diri' selama beberapa hari ini yg mengakibatkan awardnya mendingin. Terimakasih juga untuk Mas Hartohadi yang juga telah memberikan 'Award Persahabatan' kepada saya. Tak lupa juga ucapan terima kasih untuk Wiwit atas pemberian 'Smart & Deligent Award'-nya.



Referensi :
http://en.wikipedia.org
http://clubbing.kapanlagi.com
http://photography.dinogroups.com
http://www.kampus.us
http://forum.kafegaul.com
http://www.fotografer.net
http://www.infofotografi.com
http://www.jpckemang.com
http://www.camera.co.id
http://www.oktagon.co.id

39 comments:

Clara November 25, 2009 at 5:18 AM  

thanks pohon infonya berguna banget
aku emang mau beli kamera tapi bingung sama merk mana yg bagus. waktu itu kepikiran mau beli olympus gara-gara model iklannya artis kesukaanku...jiahahaha...tapi nggak tau deh bagus apa nggaknya.
tapi jalannya aja jarang, jadi mau potret apa ya? masa potret diri sendiri Xp

Alil November 25, 2009 at 5:55 AM  

Po... makasih banget buat infonya...
kok tau sih, aku lagi bener2 kepengeeenn beli kamera DSLR..

thanks banget...

-Gek- November 25, 2009 at 6:20 AM  

POHONKU YANG MANIS.. :)
TERIMA KASIH SUDAH BUAT ARTIKEL INI DENGAN INFO YANG SANGAT LENGKAP.

TUH KAN, PR DARI BU GURU DISENANGI OLEH SEMUA ORANG.. ??? (hehehehe..!)

Menurut teman saya, (a.k.a fotografer di Aussie, yang biasa handle event2 besar.. cobalah CANON untuk pemula. dengan alasan yang persis seperti yang POHON kemukakan.)

TERIMA KASIH BANYAK, SOBAT!!!

A VERY GOOD ARTICLE.
NILAI PR : A+

HEHEHHE...

eka wijayanti November 25, 2009 at 6:36 AM  

Iya. Apapun Canonnya, yang penting mereknya Nikon... :D
*Nikonfreak*

TransJakarta November 25, 2009 at 11:53 AM  

kalo saya yang penting harganya terjangkau
saya pakai sony a 200

Apisindica November 25, 2009 at 12:02 PM  

kalo saya, apapun kameranya yang penting: mau difotooooooooooo....hehehehe

Philida Thea Noorvika Herry November 25, 2009 at 1:38 PM  

Berhubung pertama kali pegang dslr itu nikon d40, dari situ mulai jatuh cinta sama nikon, hehehe,,
nice post pohon :) memang yang bisa menentukan cuma diri kita sih. Kan kita yang menggunakannya juga . . hohoho

Tha..^^ November 25, 2009 at 3:07 PM  

wah ngomongin kamera yah...tha kurang ngerti euy ^^

Pohonku Sepi Sendiri November 25, 2009 at 4:13 PM  

@Clara : sama2 clara..
olympus bagus loh clar.. katanya seh tajem2 gambarnya, tapi nggak tau juga tajem gimana.. hehe..
eh, menurutku kalo motret mah nggak perlu harus jalan kok.. banyak sebenernya moment2 bagus di sekitar kita..
sapa tau ntar kl dah punya kamera bisa hunting bareng gek ato alil juga.. :)

@Alil : sama2 'lil..
pas banget ya infonya.. syukurlah bisa berguna buat yg lain..
bsk kalo dah punya, hunting bareng ma temen2 yg lain ya.. :)

@-Gek- : kepanjangen ya artikelnya gek? hihi..
iya neh, syukurlah bisa membantu yg lain juga..
oOo gitu ya kata temen gek.. tapi baik nikon maupun canon juga punya kok yang buat pemula, dalam artian kamera yg punya beberapa fasilitas buat pemula.. dan keduanya pun juga ada yg buat pro.. jadi semua kembali ke gek sendiri mo pake yg mana.. mo pake kamera yg fasilitas pro juga nggak ada salahnya, asal tabungan mencukupi.. hehe.. tinggal mengeksplore dengan alat yg dimiliki nantinya..
tuh clara ma alil juga ternyata berminat loh, sapa tau nanti kita bisa hunting bareng.. hehehe..
waks, dpt nilai A+ neh, brarti ntar dapat oleh2 dong.. hihihi.. makasih ya bu guru.. :)

@eka wijayanti : hahaha.. nikon bagus kok, canon juga bagus.. yg penting dibikin ilustrasi buat pohon.. hihihi..
makasih mbak eka.. :)

@TransJakarta : aku setuju sob.. alasan harga terjangkau malah lebih rasional buatku.. daripada dibelain ampe ngutang2 buat beli kamera yg nggak masuk itungan, malah susah nantinya..
thanks sob.. :)

@Apisindica : huahahaha.. kok masih inget aja seh bro.. ni lagi belajar ‘portraiting human’ kok, jgn kuatir.. hehehe..
thanks bro.. :)

@Thea : makasih thea.. yup, benar.. 'man behind the gun', itu kuncinya.. :)
eh, diupload dong hasil karya2nya thea..

@Tha : hehe.. nggak papa tha.. :)
eh, udah balik neh dari persembunyian.. semoga kabar baek.. makasih tha.. ^_^

Arema November 25, 2009 at 6:32 PM  

nice info

Pohonku Sepi Sendiri November 25, 2009 at 6:59 PM  

@Arema : thanks sob.. :)

Gusti November 25, 2009 at 8:20 PM  

ternyata di cari2 keliling mbah google ada di sini artikel'a..
sangat membantu...

Pohonku Sepi Sendiri November 25, 2009 at 8:48 PM  

@Gusti : hehe.. makasih sob.. :)

Clara November 25, 2009 at 11:27 PM  

hunting gambar sama Gek? berat di ongkos, kudu ke Aussie dulu...wkwkwkwkwk...nunggu dia balik ke Bali aja kali ya hihihihihi

Pohonku Sepi Sendiri November 26, 2009 at 12:03 AM  

@Clara : hahaha.. ya nggak ke aussie dong ah.. tapi nggak papa juga seh kalo gek mo bayarin kita2.. hihi..

Azhar November 26, 2009 at 8:41 AM  

gw jg lg pengen punya DSLR tapi gak punya duit hahahaha

Freya November 26, 2009 at 1:35 PM  

iiiih dapet blog baguuush.

tukeran link dongs hehehe.

infonya bagus banget, tapi kok baru ketemu skarang si? Kemaren aye tuh bingung bli kamera digital biasa atau kamera dslr canggih. Pennya seh dslr tapi aye ga ada yang ajarin cara makenya dan ngga tahu apa-apa soal merk yang bagus.

Akhirnya karena ketidakketahuan itu, aye beli kamera digital biasa merk nikon coolpix.

Uh, bagus apa gak yah merk ini? Soale liat2 keknya masih bagusan hasilnya sony. Jadinya nyesal.

Pohonku Sepi Sendiri November 26, 2009 at 3:05 PM  

@Azhar : hehe.. ya kalo mang bener2 pengen hrs mulai nabung dari sekarang sob.. dikit2 yg penting ada usaha.. kalo niat beneran loh.. :)

@Freya : hehe.. ayuks tukeran link, frey.. :)
wah infonya telat, maapkan ya.. kamera compact ato dslr sama bagusnya, dalam artian jika bener2 menguasai alat, hasil yg ada takkan kalah indah.. cuma memang pada dslr menyediakan beberapa fasilitas utk bisa kita atur pengambilan gambarnya, lebih manual, lebih bisa di-customize lah..
nikon coolpix bagus kok, aku juga pernah make soalnya.. dibanding sony dgn tipe yg tak jauh berbeda, kalo masalah hasil ya itu tadi, kembali pada penguasaan alat.. sungguh.. nggak perlu nyesel, frey.. dalam hal body kalo sony memang mengeluarkan berbagai tipe berbentuk minimalis dgn warna menarik & cute buat cewe, yaitu pada tipe T kalo nggak salah..
tapi jika freya pengen ganti coolpixnya, daripada lari ke sony yg compact.. menurutku mending cari yg dslr sekalian, tinggal tambah dikit dah dpt yg entry level kok dan yg sony juga banyak pilihan dslr-nya loh.. perihal pembelajaran, dikit2 ajah sembari kita2 yg pemula ini saling berbagi & belajar bersama.. hehe..
oh iya, link 'dunia anak aneh' udah tercantum tuh di blogroll-ku..
makasih freya.. :)

lilliperry November 26, 2009 at 9:21 PM  

wow.. nice info sob.. saya cuma bisa jadi modelnya doank.. hahaha :P

Pohonku Sepi Sendiri November 26, 2009 at 10:59 PM  

@lilliperry : thanks sob.. :)
jadi model, boleh.. tapi nggak gampang loh.. hihihi..

ninneta November 27, 2009 at 4:42 AM  

aku pake d70... lumayan loh buat pemula... hehehe.... salam kenal...

ninneta

Pohonku Sepi Sendiri November 27, 2009 at 9:52 AM  

@ninneta : eh, nikon d70 bagus juga kok nin.. hehe..
salam kenal juga ya.. thanks dah singgah.. :)

rid November 27, 2009 at 1:45 PM  

pengeeeenn....
kapan bisa belii,hiks..hiks.. :(

Pohonku Sepi Sendiri November 27, 2009 at 2:34 PM  

@rid : ayo nabung2.. hehehe.. aku dukung doa ya.. semoga kesampaian impiannya..
makasih rid.. :)

wuri sweety blog December 8, 2009 at 5:22 PM  

arigatou (terjemahan ngawur dari makacih) info ttg DSLR-membantu bgt...jadi lebih ngerti bisa buat pegangan kl nanya2 di Akihabara... *lam kenal pohon*

Pohonku Sepi Sendiri December 8, 2009 at 6:48 PM  

@wuri sweety : sama2 wuri.. makasih juga sdh singgah kemari & drop komen.. :)
salam kenal juga ya.. btw, emang wuri sekarang domisili di Jepang kok mo nyari kamera di akihabara?

paraony December 10, 2009 at 10:31 PM  

pohon salam kenal ;)
waah memang selalu menarik yah pembahasan tentang nikon vs canon ini po..
kalo boleh ngasih pr tambahan po, gimana tentang DSLR/SLR second po ?
saya amatiran yg baru mau belajar po, udah sempet nyoba canon sama nikon, tapi benar kata pohon,masih sedikit terasa perbedaanya,jadi menurut saya untuk amatir seperti saya lebih baik beli yang second dulu,maklum po,ga mau rugi,hehe. aa aja yang harus diperhatikan yah po,dn lebih baik daya tahan nikon/canon sec po?
makasih yah pohon.
two thumbs up :D

Pohonku Sepi Sendiri December 12, 2009 at 11:46 PM  

@paraony : salam kenal juga.. :)
wah, perihal D/SLR second secara harga maap banget aku blum bisa ngasi gambaran, sob.. krn harganya fluktuatif.. blum lagi kl dptnya dari temen yg krn ganti kamera baru trus yg lamanya dijual, nah dari pengalaman biasanya bisa lbh murah tu..
utk pemilihan merk kamera second, menurutku pd dasarnya sama dgn kamera baru.. dulu pernah ada temen mo beli kamera menanyakan sebaiknya pake merk apa? pertama kutanya brp budgetnya, nah dgn budget sekian kita cari tipe kamera mana yg masuk harganya dari masing2 merk, baik itu second ato new.. setelah tau tipenya kita bandingkan di http://www.dpreview.com.. dari situ kita bisa tau jelas kelebihan & kekurangan secara teknik masing2 tipe/merk.. jika masalah hasil, aku katakan sekali lagi, semua merk sama2 bagus dgn kelebihan & kekurangannya.. utk ketangguhan tergantung penggunaan..
ingat 'man behind the gun', apa pendapatmu sob tentang seorang pejuang bersenjata bambu runcing misalnya yg ternyata bisa mengalahkan musuh lebih banyak drpd pejuang lain yg bersenjatakan senapan mesin?

adhi December 13, 2009 at 12:57 PM  

saya save articlenya ya!!!mau beli kamera...hahahaha...

thx buat pencerahannya sob!!!

jadi lebih memahami cara memilih kamera yang baik..

hemm,,kalo dipikir2 lagi..sama kek milih tongkat sihirnya di harrypotter ya..???jadi bukan kita yang milih kameranya,,tapi kamera yang milih kita..hahahaha.. *ngayal*

Pohonku Sepi Sendiri December 13, 2009 at 2:18 PM  

@adhi : silahkan.. sama2 sob, thanks juga utk apresiasinya..
hahaha.. kameranya yg milih kita ya? bisa aja kamu sob.. lha kalo kitanya dipilih ma D3X ato EOS 1Ds mark III, bisa bangkrut dong sob.. :)

hari Lazuardi December 17, 2009 at 5:42 PM  

punten po.. numpang tanya..EOS 1000D kelemahannya apa ya po..dirimu menggunakan kamera apa po.. ada saran untuk type nikon terbaru tapi harga terrendah???

hari Lazuardi December 17, 2009 at 5:46 PM  

budget 5jtan sebaiknya DSLR apa ya po? duh banyak nanya nih diriku, punten ya po...

Pohonku Sepi Sendiri December 17, 2009 at 8:34 PM  

@mas hari : hehe.. nggak papa mas, nyantei aja.. tapi dalam urusan perkameraan aku ini masih pemula loh mas, aku coba bantu sebisanya ya..
kalo aku pake Canon EOS 50D lensa EF-S 18-135mm f/3.5-5.6 IS..

barusan aku cek di jpc kemang, utk harga kamera dslr 5jtan merk nikon dan canon tertanggal hari ini dapat di Nikon D3000 Kit + lensa AF-S VR 18-55mm f/3.5-5.6G (bonus memory SDHC 8.0Gb) Rp 5.749.900,- dan Canon EOS 1000D / Rebel XS / Kiss F Kit + lensa EF-S 18-55mm f/3.5-5.6 IS Rp 4.699.900,-..

ngeliat dr perbandingan itu D3000 memiliki pilihan range iso lebih tinggi hingga 3200 (with boost) daripada 1000D yg hanya sampe di angka 1600.. utk white balance (WB) D3000 juga memiliki 12 positions dibanding 1000D di 6 positions, tapi kalo utkku WB pake auto mas krn blum bisa menguasai.. tinggal nanti edit WB di photoshop.. hehe..
jarak flash (standar) D3000 hanya sampe 12m dan 1000D unggul tipis di 13m (sama2 iso 100).. utk lebih jelas perbandingan spesifikasi teknis keduanya dapat dilihat di sini..

maap sebelumnya ya mas kalo infonya masih banyak yg kurang..
semoga bisa bermanfaat.. :)

Brokoli sehat January 3, 2010 at 9:27 AM  

pake kamera itu kayak pake kosmetik hihihih, cocok-cocokan. Saya pernah pake nicon d40 dan cocok, tapi kemudian lebih banyak bawa yang Sony H9 soalnya compact, fiturnya lengkap, ringan, dan kualitas gambarnya beda tipis sama DSLR. Berat bok, kalo bawa DSLR kemana-mana dengan lensa yang segede dosa itu

Pohonku Sepi Sendiri January 4, 2010 at 12:00 PM  

@Brokoli sehat : hehe.. bener mbak, setuju.. memang faktor cucok2an sangat berpengaruh, yg tentu saja udah diluar jenis kameranya itu sendiri..
wah, brarti mantebh neh skill nya mbak popi.. Sony H9 kan masih masuk kategori kamera digital prosumer, tapi hasilnya bisa cuma beda tipis ma DSLR..
'man behind the gun' terbukti berlaku disini.. *salut mbak popi*

InsuranceService99 October 2, 2011 at 4:27 PM  

Property Insurance Corp
Individual Wealth Management

kenny October 3, 2011 at 3:03 PM  

Buset dah harganya..

sri rahmi utami August 13, 2013 at 6:58 PM  

Slam mas po
Aq bru lhat nih blogny

Aq lgi kpngin blajar jdu ftografer
Untung2 bsok k dpn jdi ftografr profesional
Hehe

Mau nanya mas
Perbedaan yg significn antra canon eos kis X2 dngn nikin D5000 apa mas?
Yg pling bgus dri k 2 itu yg mna mas?

onlineshop7879 February 27, 2014 at 5:35 PM  

DISTRIBUTOR TERPERCAYA NO TIPU-TIPU
BARANG DI JAMIN ASLI /ORIGINAL
NIKON
Nikon D3200 – Lensa Kit 18-55mm – 24.2 MP adalah RP 2.265.000 Fitur di dalamnya 24.2 Megapiksel,3″ TFT LCD,Lensa 18-55mm,Kualitas Video Full HD,Active D-Lighting
Nikon D5200 Lensa Kit 18-55mm – 24.1 MP adalah RP 2.485.000 fitur di dalamnya 24.1 MP Kamera,3” Layar Vari-Angle,Lensa Kit 18-55 mm,Wireless Adapter,Video 1080p Full HD
Nikon D5100 Lensa Kit 18-55mm – 16.2 MP adalah RP 3.250.000 fitur didalamnya 16.2 MP Kamera, 3″ LCD, Lensa Kit ED II 18-55mm
Nikon D800 Body Only – 36.3 MP adalah RP 4.500.000 fitur di dalamnya 36.3 MP Kamera, 3.2” LCD
Nikon D3100 Lensa Kit ED II 18-55 mm – 14.2 MP adalah RP 2.165.000 fitur di dalamnya 14.2 Kamera, 3″TFT LCD, Lensa Kit ED II 18-55mm
Nikon D90 Lensa Kit 18-105 mm – 12.3 MP adalah RP 4.050.000 fitur di dalamnya 12.3 MP, 3″ LCD, Lensa Kit 18-105mm
CANON
EOS 1100D Kit APS-C Digital SLR, 12.2 Megapixel, LiveView, 2.7″ TFT LCD, SD/SDHC Card Slot, include EF-S 18-55mm f/3.5-5.6 IS
Rp 1,990,000
EOS 1DX Body Full Frame Digital SLR, 18.1 Megapixel, LiveView, Full HD, CF Card Slot, 3.2″ TFT color liquid-crystal monitor, CMOS Sensor, Body Only
Rp 9,590,000
EOS 5D Mark II Kit Full Frame Digital SLR, 21.1 Megapixel, LiveView, Full HD 1080, CF Card Slot, 3.0″ TFT LCD, include EF 24-105mm f/4L IS USM
Rp 4.999,000
EOS 5D Mark III Body Full Frame Digital SLR, 22.3 Megapixels, LiveView, Full HD 1080, CF Card Slot, 3.2″ TFT Color LCD
Rp 5,465,000
EOS 5D Mark III KIT Full Frame Digital SLR, 22.3 Megapixels, LiveView, Full HD 1080, CF Card Slot, 3.2″ TFT Color LCD, Include EF 24-105L IS USM
Rp.4.9990.000
EOS 600D Kit1 APS-C Digital SLR, 18 Megapixel, LiveView, Full HD 1080, SD/SDHC Card Slot, 3.0″ TFT LCD with EF-S 18-55mm F3.5-5.6 II IS
Rp 3,15 9,000
EOS 600D Kit2 APS-C Digital SLR, 18 Megapixel, LiveView, Full HD 1080, SD/SDHC Card Slot, 3.0″ TFT LCD, with EF-S 18-135mm F3.5-5.6 IS
Rp 2,559,000
EOS 60D Kit1 APS-C Digital SLR, 18.0 Megapixel, 3.0″ TFT Vari-angle LCD, SD/SDHC Card Slot, include EF-S 18-55mm f/3.5-5.6 IS
Rp 3,550,000
EOS 60D Kit2 APS-C Digital SLR, 18.0 Megapixel, 3.0″ TFT Vari-angle LCD, SD/SDHC Card Slot, include EF-S 18-135mm f/3.5-5.6 IS
Rp 4,300,000
EOS 60D Kit3 APS-C Digital SLR, 18.0 Megapixel, 3.0″ TFT Vari-angle LCD, SD/SDHC Card Slot, include EF-S 18-200mm f/3.5-5.6 ISRp
4,540,000
EOS 650D Kit1 APS-C Digital SLR, 18 Megapixel, LiveView, Full HD 1080, SD/SDHC/SDXC Card Slot, 3.0″ Vari-Angle Touchscreen LCD with EF-S 18-55mm F3.5-5.6 II IS
Rp 2,900,000
EOS 650D Kit2 APS-C Digital SLR, 18 Megapixel, LiveView, Full HD 1080, SD/SDHC/SDXC Card Slot, 3.0″ Vari-Angle Touchscreen LCD with EF-S 18-135mm F3.5-5.6 IS
Rp 2,720,000.
EOS 7D Kit2 APS-C Digital SLR, 18.7 Megapixel, LiveView, Full HD 1080, CF Card Slot, 3.0″ TFT LCD, include EF-S 15-85mm f/3.5-5.6 IS.
Rp 4,365,000
JL.Kh.Hasyim Ashari No.125 Sentral Jakarta 10150
Minat HUB/SMS:
HP:085328222842
PIN BB:2B373ADE
Cara pemesanan online
Nama:
Alamat:
Kota tujuang:
Tipe brng
Jumla brng:
Kode pos:
Hp yg slaku aktif:
Di Kirim Ke:085328222842 PIN BB:2B373ADE

Related Posts with Thumbnails
Artikel Aneh & Misteri
10 Misteri Ilmiah Luar Angkasa Lopis Raksasa Misteri Segitiga Bermuda (1/2)
Misteri Segitiga Bermuda (2/2) Serangga-Serangga Unik & Mengagumkan di Dunia (1/2) Serangga-Serangga Unik & Mengagumkan di Dunia (2/2)
Fenomena Kalender Bangsa Maya dan Ramalan Tentang Kiamat 2012 10 Hewan Mamalia Tercepat (1/2) 10 Hewan Mamalia Tercepat (2/2)
Fenomena Planet Nibiru dan Teori Kiamat 2012 10 Bangunan Tertinggi Fakta Unik Tentang Kacang
Fenomena Atlantis 10 Orang Paling Misterius
Artikel Bisnis & Marketing
Ingin Sukses? Siaplah Berubah! Calon Orang Kayakah Anda? Menuju Absolute Financial Freedom
Konsep Email Marketing Secara Singkat 5 Mitos di Era New Economy Society Bisnis Online vs Offline
E-Commerce (1/3) E-Commerce (2/3) E-Commerce (3/3)
Seputar Internet Marketing Internet Marketing : Penentuan Pasar Aspek-Aspek Penting Dalam Memulai Usaha/Bisnis
E-TRAVEL: Menjual Pariwisata Secara Online 5 Strategi Sukses Dan Kekayaan 10 Mitos/Kepercayaan Tentang Uang & Kesuksesan
45 Cara Promosi Efektif Bagaimana Menjadi Seorang Yang Kreatif Cara Mudah Menjadi Seorang Penulis
Teknik Strategis Menyimpan Uang Ala Jutawan 18 Metode Promosi Offline Yang Membuat Bisnis Online Meledak 8 Hal Yang Harus Dipahami Dalam Internet Marketing
10 Metode Memperluas Jaring Penjualan Produk Online 10 Strategi Pemasaran Ala Viral Marketing 10 Metode Menaikkan Citra Produk
10 Langkah Penjualan Online Super Cepat
Artikel Humor & Hiburan
Kentut, Sebuah Kenikmatan Atau Celaan? Ngupil, Kebiasaan Yang Berubah Menjadi Hobi
Artikel Kesehatan
Tips Kendalikan Kolesterol Tips Ampuh Bagi Anda Yang Sulit Tidur Empat Hal Penting Dalam Menjaga Kesehatan
Ternyata Pria Membawa Gen Kanker Payudara Tips Jitu Agar Terhindar Dari Dehidrasi Kulit Sehat Saat Cuaca Panas
Bebaskan Kaki Dari Rasa Pegal Merawat Kulit di Musim Dingin Penyakit Kulit Hilang, Liburan Tenang
7 Kebiasaan Yang Meningkatkan Kemampuan Otak 7 Makanan Terbaik Untuk Otak 5 Langkah Detoksifikasi di Rumah
Tips Alamiah Mengeluarkan Batu Empedu Kandungan Antikanker Wortel Utuh Lebih Banyak 7 Kebiasaan Yang Merusak Otak
Jam Kerja Organ Tubuh Manusia 7 Kekuatan Tersembunyi Dalam Tubuh
Artikel Kuliner
Menu-Menu Menggiurkan di 'udara' (1/2) Menu-Menu Menggiurkan di 'udara' (2/2) Kuliner Lezat & Ekstrim di Thailand, Berani Coba?
Menu Lezat Musim Dingin (1/3) Menu Lezat Musim Dingin (2/3) Menu Lezat Musim Dingin (3/3)
Suguhan Unik dan Lezat Ala Serambi Barat Nusantara KULINER PEKALONGAN: Paduan Indonesia, China dan Arab Oleh-Oleh Kuliner Kota Semarang
Aneka Kuliner Khas Kaimana
Artikel Lifestyle
First Award Tips Belanja Hemat Selam Untuk Pemula
Dskon.com Sebagai Solusi Cerdas Belanja Hemat Wanita Tampil Gaya di Musim Dingin Kayaking Basics
Menciptakan Foto Indah Di Malam Hari Menangkap Pesona Air Terjun
Artikel Seksologi [ Khusus Dewasa !!! ]
Sensasi Teknik Ciuman Dalam Kamasutra Teknik dan Seni Membuat Wanita Mabuk Kepayang Feng Shui dan Seksual
Menyibak Rahasia Orgasme Wanita Mencari Zona Kenikmatan Pria dan Wanita 10 Bagian Tubuh Pria Yang Memikat Wanita
10 Hal Pengaruhi Kemunduran Seksual Pria Kesalahan Pria Saat Berhubungan Intim Khasiat Utama Seks
Cara Agar Ereksi Bisa Lebih Kuat & Lama 10 Situasi Wanita Bergairah Diajak Bercinta Tips Sederhana Atasi Rasa Bosan Bercinta
Ciuman Sebagai Awal Gairah Bercinta Rahasia Jurus Variasi Seks Ternikmat Rahasia Teknik Bercinta Istana 'negeri tirai bambu'
Mitos Tentang Seks Yang Harus Kita Tahu Sentuhan Erotis Untuk Membangkitkan Gairah Bercinta Wanita Istilah Seputar Seks Dan Pola Bercinta
Benarkah Gaya Bercinta Menentukan Jenis Kelamin Anak? Berbagai Macam Variasi Ciuman Latihan Seks Khusus Untuk Wanita
Variasi Bercinta Guna Mengatasi Ejakulasi Dini Tanda-Tanda Wanita Puas Bercinta 16 Ide Tempat Dan Waktu Bagi Ciuman Penuh Arti
32 Ciri Pasangan (Mungkin) Sudah Mulai Selingkuh Bercinta Ala 'shower sex' Berciuman Dapat Sebabkan 'kissing disease'
Berfantasilah Dan Tetap Bergairah Petualangan Saat bercinta Jangan Kebablasan Cara Gampang Perbaiki Kualitas Sperma
Cara Jitu Memainkan Lidah di Miss 'v' Cara Memberi Gairah Baru Saat Bercinta Ciri-Ciri Wanita Yang Membuat Pria Bergairah
Bangkitkan Kehangatan Dengan 'sex in the car' Disfungsi Ereksi Bisa Diatasi G Spot, Dimanakah Kau Berada?
Artikel Teknologi & Gadget
ANDROID: Ibarat Rumah Dengan 5 Kamar Sejarah ANDROID ANDROID Memilih Jalur Open Source
Produk Hardware Dengan Google ANDROID Versi ANDROID ANDROID Market
Google Applications Tips Meningkatkan Kinerja Komputer Kelebihan & Kekurangan ANDROID
Custom ROM ANDROID GPS & Pengembangan Apikasinya Irit Dan Ramah Lingkungan Dengan Kendaraan Hybrid
10 Langkah Hemat Baterai Untuk ANDROID 5 Aplikasi Wajib Untuk ANDROIDmu 5 Aplikasi ANDROID Buatan Anak Negeri
Artikel Traveling
FRANKFURT AIRPORT : Rencana Ekspansi Disetujui Situs Komunitas Wisatawan Pertama Dalam Industri Penerbangan AMAZING THAILAND : Pesona Wisata Bangkok (1/2)
AMAZING THAILAND : Pesona Wisata Bangkok (2/2) Tips Traveling Bagi Pengidap Alergi Kawasan Wisata Sukabumi (1/2)
Kawasan Wisata Sukabumi (2/2) THE CITY OF LIGHTS: Wisata Sehari di Perth (1/2) THE CITY OF LIGHTS: Wisata Sehari di Perth (2/2)
DOUBLE S EXPEDITION: Pendakian Sindoro Sumbing (1/2) DOUBLE S EXPEDITION: Pendakian Sindoro Sumbing (2/2) KIDZANIA: Kotanya Anak-Anak (1/2)
KIDZANIA: Kotanya Anak-Anak (2/2) Berlibur Saat Musim Hujan EXOTIC REJUVENATION: Memanjakan Tubuh di Saigon (1/2)
EXOTIC REJUVENATION: Memanjakan Tubuh di Saigon (2/2) ADELAIDE: Paduan Keanggunan Berkelas dan Kehangatan Suasana (1/2) ADELAIDE: Paduan Keanggunan Berkelas dan Kehangatan Suasana (2/2)
Hotel & Resor Tempat Berlibur Selebritis Kelas Dunia (1/5) Hotel & Resor Tempat Berlibur Selebritis Kelas Dunia (2/5) Hotel & Resor Tempat Berlibur Selebritis Kelas Dunia (3/5)
Hotel & Resor Tempat Berlibur Selebritis Kelas Dunia (4/5) Hotel & Resor Tempat Berlibur Selebritis Kelas Dunia (5/5) WINTERTIME: Melancong ke Tiga Negara Musim Dingin (1/3)
WINTERTIME: Melancong ke Tiga Negara Musim Dingin (2/3) WINTERTIME: Melancong ke Tiga Negara Musim Dingin (3/3) WINTERTIME: Festival Musim Dingin
PANDUAN WISATA HIJAU: Cara Nyata Untuk Bepergian Secara Bertanggungjawab - Dan Tetap Bersenang-Senang (1/2) PANDUAN WISATA HIJAU: Cara Nyata Untuk Bepergian Secara Bertanggungjawab - Dan Tetap Bersenang-Senang (2/2) GIANT FERRIS WHEEL: Rekreasi Satu Sapuan Mata
CABO SAN LUCAS: Desa Basis Perompak Yang Menjadi Kota Pesta VANCOUVER: Metropolis Berbalut Keindahan Gunung Dan Pantai (1/2) VANCOUVER: Metropolis Berbalut Keindahan Gunung Dan Pantai (2/2)
Menyapa Sejuknya Situ Gunung GREAT CONCERTO: Kunjungan Wisata Ke Gedung Opera HOLLYWOOD ROAD HONG KONG : Nuansa Urban Dengan Sisipan Nostalgis Arsitektur & Kulinernya (1/2)
HOLLYWOOD ROAD HONG KONG : Nuansa Urban Dengan Sisipan Nostalgis Arsitektur & Kulinernya (2/2) 6 Tips Terhindar Dari Penyakit Dalam Perjalanan
Artikel Web & Internet
Mendapatkan Duit Melalui Affiliate Marketing Mendapatkan Duit Melalui Ads Marketing Bagaimana Mendatangkan Pengunjung Ke Situs Kita?
Mendaftarkan Website ke Search Engine & Directory Seputar Meta Tag Website Kita di Mata Search Engine
Kapan Saat Yang Tepat Melakukan SEO? 8 Langkah Merebut Top Ranking Search Engine Memanfaatkan Google Advance Search
Mengapa Search Engine Membenci Flash? Tips Submit Website Ke Search Engine Tips Submit Website Ke Directory
Pengaruh Link Popularity Terhadap Search Engine Bagaimana YAHOO! Melihat Situs Kita? 10 Langkah Membuat Web Page Yang Baik
Website Baik VS Website Buruk 10 Strategi Agar Pengunjung Betah Nongkrong di Situs Kita Tips Meningkatkan Bandwidth Tanpa Software
7 Langkah Rahasia Membangun Blog Bisnis Yang Sukses Spektakuler Bagaimana Membuat Blog Yang Berkharisma? 22 Tipe Posting Blog Yang Menarik
Free Download Comic Scan [Indonesian Language]
Agen Polisi 212 [bahasa indonesia] Arad dan Maya [bahasa indonesia] Asterix [bahasa indonesia]
Kisah Petualangan Tanguy dan Laverdure [bahasa indonesia]
Komik Wayang Mahabharata [bahasa indonesia] Komik Wayang Palguna Palgunadi [bahasa indonesia]
Lucky Luke [bahasa indonesia]
Pak Janggut [bahasa indonesia]
Si Bob Napi Badung [bahasa indonesia] Smurf [bahasa indonesia] Steven Sterk [bahasa indonesia]
Storm [bahasa indonesia]
Trigan [bahasa indonesia]
Free Download Comic Scan [English Language]
Asterix [eng]
Classics Illustrated [eng]
India Authentic [eng] Indiana Jones [eng]
The Adventures of Tintin [eng]
Free Download Manga Scan [Indonesian Language]
Manga Scan Ashura [bahasa indonesia]
Manga Scan CHINMI: Kungfu Boy [bahasa indonesia] Manga Scan CHINMI: Break Shot [bahasa indonesia] Manga Scan CHINMI: New Kungfu Boy [bahasa indonesia]
Manga Scan CHINMI: Tekken Chinmi Gaiden [bahasa indonesia] Manga Scan CHINMI: The Other's story [bahasa indonesia] Manga Scan CHINMI: Sam The 3000 Bath [bahasa indonesia]
Manga Scan CHINMI: Kungfu Boy Legends [bahasa indonesia] Manga Scan City Hunter [bahasa indonesia]
Manga Scan Detective School Q [bahasa indonesia] Manga Scan Dr. Slump [bahasa indonesia]
Manga Scan Kapten Kid [bahasa indonesia] Manga Scan Kenji [bahasa indonesia]
Manga Scan Yuu Yuu Hakusho [bahasa indonesia]
Free Download Manga Scan [English Language]
Manga Scan 20th Century Boys [eng] Manga Scan 21st Century Boys [eng] Manga Scan 666 Satan [eng]
Manga Scan Akira [eng] Manga Scan Angel Densetsu [eng] Manga Scan Araragi Express [eng]
Manga Scan Basilisk [eng] Manga Scan Battle Angel Alita [eng] Manga Scan Black Cat [eng]
Manga Scan Blaster Knuckle [eng] Manga Scan Bloody Monday [eng] Manga Scan Blue Dragon Ral Grado [eng]
Manga Scan Bokko [eng] Manga Scan Bremen [eng] Manga Scan Butsu Zone [eng]
Manga Scan Chrno Crusade [eng]
Manga Scan Devil & Devil [eng] Manga Scan Dragon Quest : The Adventure of Dai [eng]
Manga Scan Eat-Man [eng] Manga Scan Elfen Lied [eng] Manga Scan Eye Shield 21 [eng]
Manga Scan Fire Candy [eng] Manga Scan Fist of The North Star [eng] Manga Scan Flame of Recca [eng]
Manga Scan Ga-Rei [eng] Manga Scan Gon [eng] Manga Scan Goth [eng]
Manga Scan Great Teacher Onizuka [eng] Manga Scan Grey [eng] Manga Scan Groove Adventure Rave [eng]
Manga Scan Gunsmith Cats [eng] Manga Scan Gyo [eng]
Manga Scan Hellsing [eng] Manga Scan Hot Milk [eng]
Manga Scan Ichi the Killer [eng]
Manga Scan Kilico [eng] Manga Scan King of Wolves [eng] Manga Scan Konjiki No Gash Bell!! [eng]
Manga Scan Kurogane [eng] Manga Scan Kurozuka [eng]
Manga Scan LegendZ [eng]
Manga Scan MAR [eng] Manga Scan Mx0 [eng]
Manga Scan Najica [eng]
Manga Scan Riki-Oh [eng]
Manga Scan Tende Freeze! [eng] Manga Scan The Big O [eng] Manga Scan Togari [eng]
Manga Scan Ultimate!! Hentai Kamen [eng] Manga Scan Under The Dapple Shade [eng] Manga Scan Ushio To Tora [eng]
Manga Scan Uzumaki [eng]
Manga Scan Waq Waq [eng] Manga Scan White Dragon [eng]
Free Download Manhua Scan [Indonesian Language]
Manhua Scan Dewa Mabuk [bahasa indonesia] Manhua Scan Dragon Tiger Gate [bahasa indonesia] Manhua Scan Drunken Master [bahasa indonesia]
Manhua Scan Emperor Sword [bahasa indonesia]
Manhua Scan Legend of Demon Sword [bahasa indonesia]
Manhua Scan Ode to The Gallantry [bahasa indonesia]
Free Download Manhua Scan [Malaysian Language]
Manhua Scan Bintang Malang [mly] Manhua Scan Black Martial [mly]
Manhua Scan Dewata Awan Berapi [mly]
Free Download Manhua Scan [English Language]
Manhua Scan Blood Sword Dinasty [eng]
Free Download Manhwa Scan [Indonesian Language]
Manhwa Scan Admiral Yi Sun Shin [bahasa indonesia]
Free Download Manhwa Scan [English Language]
Manhwa Scan Archlord [eng]
Manhwa Scan Banya: The Explosive Delivery Man [eng]
Manhwa Scan Evil's return [eng]
Manhwa Scan Immortal Regis [eng] Manhwa Scan In Dream World [eng]
Manhwa Scan The Breaker [eng]
Manhwa Scan Zero [eng]
Free Download PC Game
PC Game 3 Stars of Destiny [portable]
PC Game Ahriman's prophecy [portable] PC Game Archon Classic [portable] PC Game Arevan The Bitter Truth [portable]
PC Game Arvale Treasure of Memories PC Game Asguaard [portable] PC Game Avernum
PC Game Aveyond PC Game Aztec Tribe [portable] PC Game Angry Birds [portable]
PC Game Azangara
PC Game Blip & Blop Balls of Steel PC Game BomberClone PC Game Bookworm Adventures
PC Game Cooking Dash PC Game Court Intrigue A Courtesan's [portable] PC Game Cute Knight [portable]
PC Game Dark Soul 2 PC Game Dawn's light PC Game Deadly Sin
PC Game Depths of Peril [portable] PC Game Dora The Explorer Dragon Stone [portable]
PC Game Dreamscape PC Game Delta Force: Black Hawk Down [portable] PC Game Driving Speed 2
PC Game Ella's hope [portable+strategyguide] PC Game Eschalon Book PC Game Eternal Eden [portable]
PC Game Eternal Sunrise [portable] PC Game Eternal Twilight [portable] PC Game Empire Earth [portable]
PC Game Farm Craft 2 Global Vegetable Crisis PC Game Farm Frenzy PC Game Farmers Market
PC Game Farmscapes Collectors Edition PC Game Feeding Frenzy
PC Game Ghost In Campus PC Game Grimoire Chronicles [portable]
PC Game Heros Tale Enhanced Edition PC Game Hotel Mogul
PC Game Invading North Korea PC Game Island Tribe [portable]
PC Game Jack of All Tribes PC Game Jack of All Worlds [portable] PC Game Jades Journey
PC Game Jungle Strike
PC Game Kivi's underworld [portable]
PC Game Labyrinthica: The Quest of Lima [portable] PC Game Last Heroes PC Game Laxius Force
PC Game Lilly & Sasha PC Game Last Conundrum of Da Vinci Deluxe PC Game Last Space Fighter
PC Game Millennium PC Game Murder Island: Secret of Tantalus [portable]
PC Game Neopets Puzzle Adventure PC Game Neighbours From Hell 2 [portable]
PC Game Plan It Green [portable] PC Game Plants vs Zombies [portable] PC Game Pool Rebel
PC Game Potion Bar PC Game Project Rescue Africa PC Game Puzzle Quest
PC Game Quintessence The Blighted Venom [portable]
PC Game Rhukaat Broken Chain [portable] PC Game Roads of Rome PC Game Robbie Unforgettable Adventures
PC Game Romopolis
PC Game Shopping City PC Game Shopping Marathon PC Game Silent Night
PC Game Spandex Force [portable] PC Game Spirited Heart [portable] PC Game Star Battle
PC Game Starless Umbra [portable] PC Game Street Racer PC Game Super Fun Bee [portable]
PC Game Super Motocross Africa PC Game Super Police Racing PC Game Supercow
PC Game Swords and Sandals 4 [portable]
PC Game Tasty Planet [portable] PC Game The Witch and The Warrior [portable] PC Game Trio The Great Settlement
PC Game Tropical Farm PC Game Tropical Mania
PC Game Ultra Drag Racing PC Game Ultra Nitro Racers PC Game Unseen World: Magical Lense [portable]
PC Game Vastar [portable] Virtual Villagers
PC Game Wandering Willows [portable] PC Game Wedding Salon [portable] PC Game Whisper of a Rose
PC Game Wildhollow [portable] PC Game Wonderland Adventures

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP